Pages - Menu

Friday, January 25, 2013

Bank Mandiri Bank Terbaik di Indonesia

Kalau Anda mengikuti perjalanan perbankan di Indonesia, pasti tidak heran jika Bank Mandiri Bank Terbaik di Indonesia. Itu karena lembaga keuangan ini telah menuai banyak penghargaan atas kinerjanya selama ini. Pada 18 Desember 2012, Bank Mandiri mendapat perhargaan lagi dari SWAnetwork dan WIN Solution sebagai  Indonesia Best Corporate Transformation. Keesokan harinya Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG) dan SWA menobatkan bank yang lahir pada Oktober 1998 ini sebagai Perusahaan Paling Terpercaya.

Tentu saja hal tersebut bukan diraih dengan hanya membalikkan telapak tangan. Sejak merger pada Juli 1999 yang melebur empat Bank Pemerintah (Bank Bumi Daya, Bank Dagang Negara, Bank Exim, dan Bapindo) Bank Mandiri segera tancap gas mengejar senior-seniornya yang telah lama lahir. Kini Bank Mandiri telah masuk jajaran Bank terbesar di Indonesia dengan kapitasilitasi pasar mencapai US$17,6 miliar atau setara dengan. Sungguh capaian luar biasa!


Lantas kita bertanya, mengapa Bank Mandiri Bank Terbaik di Indonesia. ini memang menyangkut faktor internal dan eksternal bank berlogo gelombang emas cair ini. Faktor internalnya adalah mengubah dan menjalankan corporate culture (budaya perusahaan) dengan komitmen tinggi. Adapun corporate culture yang baru adalah kepercayaan,integritas, profesional, fokus pada pelanggan, dan kesempunaan. Faktor eksternalnya yakni tuntutan stakeholder untuk menjadi bank terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara.



Bank Mandiri kemudian bertekad untuk membangun hubungan jangka panjang yang didasari atas kepercayaan baik dengan nasabah bisnis maupun perseorangan. Pelayanan terhadap seluruh nasabah menggunakan standar layanan internasional melalui penyediaan solusi keuangan yang inovatif. Bank Mandiri ingin dikenal karena kinerja, sumber daya manusia, dan kerjasama tim yang terbaik. Bank Mandiri Bank Terbaik di Indonesia, harus menjadi mantra setiap orang. Sebab kata mengubah dunia. 


Sejak saat itu kemajuan Bank Mandiri melesat bak anak panah. Laba bersih terus meningkat tajam. Bisa disimak nilai keuntungan yang dihasilkan dari 2005 hingga kuartal III 2012 yakni Rp 0.6 triliun, Rp 2,4 teriliun, Rp 4,3 triliun, Rp 5,3 triliun, Rp 7,2 triliun, Rp 9,2 triliun, Rp 12,2 triliun, dan Rp 11,1 triliun.


Prestasi Bank Mandiri pun kian bersinar baik dari aset, pinjaman dan deposito. Aset Bank Mandiri di Desember 2011 mencapai Rp 551,9 Triliun, kreditnya juga tumbuh menjadi Rp 314,4 Triliun,  dan dana depositonya terbesar di Indonesia sebesar Rp 422,3 Triliun. Maka tak pelak lagi Bank Mandiri Bank Terbaik di Indonesia.


Begitu pula dengan nilai saham terus menanjak. Memang,  pada penghujung 2005 saham Bank Mandiri sempat anjlok ke level Rp 1.100 per lembar. Namun pada 10 Agustus 2012, harga saham bank  dengan motto mencapai Rp 8.359 dengan kapitalisasi pasar Rp 194,04 triliun. Nilai kapitalisasi pasar Bank Mandiri meningkat hampir 9 kali dalam tujuh tahun terakhir. Tentu ini kesuksesan besar.


Bank Mandiri juga melakukan investasi dan pengembangan di bidang teknologi informasi. Tujuannya agar setiap nasabah mendapat kemudahan dalam bertransaksi, baik di wilayah Indonesia maupun di luar negeri. Selain itu bank yang menggunakan warna biru dan kuning pada logonya ini membutuhkan sistem yang online, real time dan fleksibel. 


Belum lagi jaringan distribusi Bank Mandiri yang tersebar di 3.186 ATMandiri, 7.051 ATM LINK, dan 12,663 ATM Bersama. Untuk memanjakan para pengguna kartu kredit, Bank Mandiri juga menyalurkan Mesin EDC (Electronic Data Capture) sebanyak 25.254 di seluruh Indonesia. Untuk  mengukuhkan sebagai bank terbaik di Indonesia, Bank Mandiri meluaskan jangkauannya ke berbagai kota di negara lain di antaranya Cayman Islands, Shanghai, Hongkong, Singapura, Dili, London, dan Kuala Lumpur.


Dari tulisan di atas pasti Anda kemudian setuju dan mengangguk-angguk bahwa Bank Mandiri Bank Terbaik di Indonesia.


Referensi :
1. www.bankmandiri.co.id
2. www.beritasatu.com
3. www.infobanknews.com
4. www.swa.co.id
5. www.mercubuana.ac.id


4 comments:

  1. sistematis penulisanya, berisi, dan kuat penjelasannya

    ReplyDelete
  2. kebijannya terhadap pengembangan ekonomi apa.....?

    ReplyDelete
  3. smoga Bank mandiri slalu jaya...dengan harapan smoga lebih besar perannya membantu pertumbuhan ekonomi Mikro dibandingkan Bank2 konvesional lainnya..Mikro Ekonomi sangat di perlukan ditengah2 pertumbuhan ekonomi negara di atas 6 persen...

    ReplyDelete